Ipoleksosbud

Pengertian

Apasih Ipoleksosbud itu ?

Ipoleksosbud merupakan singkatan dari Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial, Budaya.

Melihat Perkembangan Dunia saat ini yang terdapat perubahan sangat cepat yang mempengaruhi berbagai aspek kehidupan masyarakat khususnya di indonesia. Masyarakat indonesia yang sekarang ini adalah konsumen produk-produk luar negeri dan kebudayaan luar negeri sangat mempengaruhi kebudayaan asli orang indonesia yang perlahan mulai ditinggalkan.

Melihat dari sisi Iplokesosbud untuk masyarakat indonesia adalah sebagai berikut :

  1. Ideologi : Bangsa indonesia yang seharusnya berlandaskan Pancasila dan UUD 45, karena pengaruh budaya luar dan pemikiran dari luar negeri sekarang perlahan melupakan dasar negara sendiri dan lebih condong mengikuti  dasar negara-negara tetangga.
  2. Politik : Seperti yang kita ketahui sekarang politik di indonesia sudah kacau karena masing-masing orang memiliki pandangan yang berbeda-beda bukan untuk membangun negeri nya sendiri melainkan memperkaya diri sendiri dan sudah tidak berjalan sesuai dengan pancasila dan UUD 45 lagi.
  3. Ekonomi : Tingginya angka pengangguran di indonesia dikarenakan perekonomian yang sulit dan penerapan sistem KKN diperusahaan-perusahaan baik negeri maupun swasta yang membuat sulitnya para penduduk mendapatkan pekerjaan. Penerapan MEA (Masyarakat Ekonomi Asia) yang belum lama ini diterapkan sehingga perusahaan swasta lebih tertarik merekrut pekerja dari luar negeri dibandingkan dengan pekerja dari indonesia itu sendiri.
  4. Sosial : Semakin berkurangnya semangat gotong-royong dimasyarakat indonesia sehingga sekarang masyarakat indonesia menjadi individual dan tidak mempedulikan sekitar mereka.
  5. Budaya : Dengan Masuknya budaya asing dan masyarakat indonesia yang lebih condong mengikuti budaya asing dibandingkan dengan budayanya sendiri, perlahan budaya indonesia menghilang dari kehidupan bangsa indonesia itu sendiri dan lebih mengutamakan budaya dari luar.

 

Sumber :
http://www.organisasi.org/1970/01/arti-singkatan-ipoleksosbud-kepanjangan-dari-ipoleksosbud-kamus-akronim-bahasa-indonesia.html

Tinggalkan komentar